CEK FAKTA: Benarkah Wapres Maruf Amin Sebut BuzzerRp Dipelihara Negara?

Beredar foto Wakil Presiden Maruf Amin berisi narasi yang menyebutkan buzzer dipelihara oleh negara, sementara anak telantar dan fakir miskin dipelihara tetangga. Foto tersebut viral di media sosial.

Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Putra Inka. Berikus isi narasi dalam foto:

"Buzzer RP dipelihara negara anak telantar dan fakir miskin dipelihara tetangga kuncen surga dan neraka."

Dalam statusnya, akun tersebut juga membuat narasu yang isiya seperti berikut:

"Ketika beliau tahu keadilan itu tidak ada, tapi beliau diam karena jabatan biar aman. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Benarkah narasi Maruf Amin mengatakan seperti itu?

Benarkah Wapres Maruf Amin Sebut BuzzerRp Dipelihara Negara? (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (17/6/2020), narasi berisi Maruf Amin menyebut buzzer dipelihara negara sementara anak telantar dan fakir miskin dipelihara tetangga adalah narasi yang salah. Pencarian mengenai pernyataan Maruf Amin seperti narasi dalam gambar tidak ditemukan.

Gambar yang digunakan oleh akuntersebut merupakan gambar hasil suntingan. Gambar Maruf Amin itu merupakan hasil jepretan fotografer Kumparan.com bernama Fitra Andrianto dan telah digunakan di sejumlah artikel Kumparan.com.

Benarkah Wapres Maruf Amin Sebut BuzzerRp Dipelihara Negara? (Turnbackhoax.id)

Salah satunya foto tersebut digunakan dalam artikel Kumparan.com berjudul 'Maruf Amin Melobi Jokowi Agar Beri Grasi Abu Bakar Ba'asyir' yang tayang pada 28 Februari 2018. Selain itu, foto tersebut juga digunakan pada artikel berjudul 'Ma'ruf soal Jokowi Tak Pilih Kader NU: Wabillahi Taufiq Wal Hidayah' yang tayang pada 8 Agustus 2018.

Dalam berbagai artikel tidak ditemukan pernyataan Maruf Amin seperti narasi dalam gambar.

Kesimpulan

Dari penjelsan di atas, dapat disimpulkan narasi Maruf Amin menyebut buzzer diperlihara negara sementara anak telantar dan fakir miskin dipelihara tetangga adalah klaim yang tidak benar. Narasi tersebut masuk dalam kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

Belum ada Komentar untuk "CEK FAKTA: Benarkah Wapres Maruf Amin Sebut BuzzerRp Dipelihara Negara?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel